Langkah Mengambil Keputusan Tepat Secara Sistematis dengan Benar

Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis – Taukah anda langkah-langkah sistematis yang harus dilakukan dalam proses pengambilan keputusan dimulai dengan tepat.

Nah Artikel Zonainspirasi.com akan membagikan sebuah pertanyaan yang sering dicari untuk mendapatkan jawaban yang tepat. bagaimana Langkah-langkah sistematis yang harus dilakukan dalam proses pengambilan keputusan dimulai dengan?

Apa Langkah-langkah sistematis yang harus dilakukan dalam proses pengambilan keputusan dimulai dengan?

Inilah jawaban dari pertanyaan langkah-langkah sistematis yang harus dilakukan dalam proses pengambilan keputusan dimulai dengan apa? pilihlah salah satu dibawah ini :

  1. mengevaluasi ketepatan alternatif yang dipilih
  2. memilih alternatif yang paling efektif dan efisien
  3. melaksanakan alternatif yang diperoleh
  4. mengidentifikasi atau mengenali masalah
  5. mencari alternatif pemecahan masalah

Jawaban: B. memilih alternatif yang paling efektif dan efisien

Dilansir dari website Encyclopedia Britannica, ternyata langkah-langkah sistematis yang harus dilakukan dalam proses pengambilan keputusan dimulai dengan memilih alternatif yang paling efektif dan efisien.

Untuk para pembaca silahkan buka pertanyaan selanjutnya yaitu Bila seseorang wirausahawan hanya mempunyai sedikit informasi tentang hasil keputusan yang diambil dan keputusan tersebut dilaksanakan, dia akan menghadapi suatu kondisi? beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis

Langkah-Mengambil-Keputusan-Tepat-Secara-Sistematis
Langkah-Mengambil-Keputusan-Tepat-Secara-Sistematis

langkah-langkah sistematis yang harus dilakukan dalam proses pengambilan keputusan dimulai dengan a mencari alternatif pemecahan masalah B mengidentifikasi atau mengenali masalah C memilih alternatif yang paling efektif dan efisien D melaksanakan alternatif yang diperoleh Emang evaluasi ketepatan alternatif yang dipilih​. Silahkan Pilih jawaban C. Karena dengan memilih alternatif yang paling efektif dan efisien, maka keputusan itu paling tepat dengan sistematis.

Sadarkah anda, bahwa anda dihadapkan dengan ratusan pilihan dan keputusan setiap hari? Makanan apa yang di makan hari ini, baju apa yang nda pakai saat bekerja, film apa yang akan anda tonton saat akhir minggu, dan berbagai pilihan lain baik yang anda sadari atau tidak. Namun tidak semua keputusan yang dihadapi sesimpel itu, banyak keputusan yang membutuhkan perenungan, pemikiran dan rencana yang matang untuk diambil seperti keputusan-keputusan di dunia kerja yang sering dihadapkan dengan masalah dan dilema.

Tidak seorangpun di dunia ini lahir dengan kemampuan mengambil keputusan yang baik. Itu adalah kemampuan yang harus dipelajari dan diperkuat dengan sering menghadapi suatu masalah yang menantang (memiliki masalah dalam hidup tidak selalu buruk, kan?). Oh ya, tidak semua keputusan membutuhkan proses yang sistematis. Keputusan untuk memilih teman yang baik atau pasangan hidup adalah keputusan yang membutuhkan kontemplasi dan perenungan saja. Maka artikel ini hanya membahas mengenai keputusan yang memerlukan rencana yang sistematis (biasanya berhubungan dengan karir dan keuangan).

Dalam proses untuk tepatnya dalam mengambil suatu keputusan memang perlu sistematika dalam mengambil keputusan. Sistematika ini perlu supaya pengambilan keputusan dalam korporasi jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Lima langkah pengambilan keputusan itu adalah

  1. Identifikasi masalah dan ketidakjelasan (uncertainties)
    Misal untuk meningkatkan pendapatan perusahaan , kita ingin menaikkan harga jual dari produk atau jasa kita.
    Jika berhasil maka pendapatan akan naik, tetapi jika menyebabkan calon pelanggan tidak mau beli maka malah menurunkan pendapatan
  2. Mengumpulkan informasi
    Kita bisa bertanya kepada sales apakah harga baru tersebut dapat diterima calon pelanggan. Lihat juga bagaimana pesaing-pesaing anda mengerjakan pricing.
    Kita juga perlu mengadakan survei pasar apakah calon pelanggan kita bersedia membeli dengan harga baru tersebut.
  3. Membuat prediksi kemungkinan  yang terjadi
    Pada tahap ini pikirkan alternatif-alternatif yang mungkin. Silahkan membuat anggaran kenaikan pendapatan dengan harga baru tersebut pada setiap alternatif.
  4. Mengambil keputusan dari alternatif-alternatif yang ada
    Silahkan membuat alternatif keputusan termasuk beberapa pilihan harga baru. Bisa juga ada pilihan harga lama tetapi spesifikasi dikurangi sehingga mengurangi biaya produksi. Pastikan tidak ada bias dalam pemikiran kita. Pastikan kita mengambil keputusan dengan obyektif. Dengan pemikiran yang matang silahkan mengambil salah satu alternatif keputusan tersebut.
  5. Mengevaluasi hasil terhadap prediksi yang telah dibuat
    Bandingkan hasil dengan prediksi yang telah kita buat dan lakukan evaluasi. Langkah ini penting untuk mengetahui apakah keputusan kita sudah tepat 100%. Jika perlu ada perbaikan-perbaikan, kita dapat memperbaiki langkah-langkah supaya hasilnya sesuai dengan yang kita harapkan.

Adapun menurut pengalaman pribadi dalam Mengambil Keputusan Tepat Secara Sistematis dengan benar, maka kami rangkum secara lengkap dibawah ini.

Banyak cara dan Langkah Mengambil Keputusan Tepat Secara Sistematis, adapun Berikut ini Langkah Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat secara Sistematis :

1. Tetapkan sasaran yang tepat dan tertarget (set your goals)

Langkah pertama Mengambil Keputusan Tepat Secara Sistematis tentu sajaa anda harus mengetahui dengan jelas masalah apa yang sedang anda hadapi. anda juga harus memiliki tujuan dan hasil yang ingin dicapai setelah anda mengambil keputusan. Secara umum ada 2 jenis keputusan:

  • Cepat Ambil Keputusan ya atau tidak. Contohnya haruskah berbuat yang memang harus tidak dilakukan, atau menghindarinya
  • Memilih sesuatu dari pilihan yang ada. Contohnya memilih pekerjaan dengan profesi yang tidak bisa andakertjakan sebagai ganti pekerjaan dan usaha anda. 

Ini baru permulaan yang penting karena tujuan akhir akan mempengaruhi caramu dalam bertindak dan berpikir. Berikan tenggat waktu (deadline) kapan anda harus mengambil keputusan untuk memastikan anda tidak terlalu lama fokus di satu masalah tanpa memperdulikan masalah yang lain.

2. Carilah informasi yang tepat

Informasi Tepat adalah kunci untuk mengambil keputusan yang benar. Carilah fakta dan opini yang mendukung keputusanmu. Lakukanlah observasi, interview, survey, membaca literatur, atau meminta pendapat orang lain untuk mendapatkan informasi baik yang subyektif maupun obyektif. Tapi ingat, jangan sampai mencari suatu informasi pada orang yang salah atau meminta sarat dari orang yang tidak berpengalaman misalnya meminta pendapat tentang cara mengatur keuangan dari orang yang memiliki utang yang banyak atau cara menurunkan berat badan yang tepat dari orang yang kelebihan berat badan. Hal-hal semacam itu kadang tidak diperhatikan yang membuat informasi atau saran yang anda dapat tidak benar.

3. Mencari opsi sudut pandang yang positif

Dalam mengambil keputusan yang tepat harus lah kita berfikir yang posisit, anda harus mempertimbangkan segala kemungkinan yang ada terutama apabila keputusan yang anda ambil adalah suatu keputusan yang besar. Jelajahi setiap perspektif yang berbeda, jangan batasi dirimu oleh sesuatu yang sudah tersedia atau sesuatu yang sudah ada di pikiranmu. Berpikir out-of-the-box awalnya pasti tampak tidak relevan atau tidak sesuai dengan situasi yang ada, namun justru solusi sering muncul dari ide-ide semacam itu. Tapi, tentu saja berbagai kemungkinan itu harus didukung oleh fakta dan riset yang benar.

4. Analisa Keputusan sistematis yang diambil

Gunakan logika dan akal sehatmu untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan atau keuntungan dan kelemahan dari setiap opsi yang ada. Apa keputusan ini masuk akal? Jika ya, mengapa, jika tidak, mengapa tidak? Apa resiko dari keputusan ini? Apa yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko yang ada? Tanyalah pertanyaan-pertanyaan itu pada dirimu sendiri.

5. Cobalah sesuatu yang belum sempurna

Setiap orang pastinya ada kekuyrangan, Banyak pemuda menunda-nunda keputusan karena takut salah. Pertama-tama anda harus tahu bahwa, manusia tidak ada yang sempurna, bahkan seorang pemimpin yang berpengalaman kadang membuat kesalahan. Kedua, meskipun anda membuat kesalahan, anda bisa belajar banyak dari kesalahanmu dan itu adalah pengalaman yang sangat berharga

6. Siap bertanggungjawab mengambil Keputusan

Seringkali, Anda harus menghadapi situasi sulit untuk mengambil suatu keputusan. Jika anda menghadapi situasi semacam itu, jangan terus menghindar karena hanya menambah masalah. Keputusan seperti apakah anda harus mengakhiri sebuah hubungan atau apakah anda harus berganti pekerjaan, memang bukan keputusan yang mudah namun anda tetap harus membuat suatu keputusan tegas agar anda tidak berlama-lama berkonsentrasi di satu situasi dan mengabaikan masalah lain yang menunggu keputusanmu juga.

Setelah anda membuat sebuah keputusan, bukan berarti pekerjaanmu selesai disitu saja. anda harus memonitor dan mengevaluasi dampak dan efek nyata dari keputusan yang sudah anda buat. Apabila ternyata hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasimu, anda bisa memutar jalan dan mengambil jalan yang lain. 

Demikianlah postingan tentang Langkah Mengambil Keputusan Tepat Secara Sistematis yang benar, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar