5+ Contoh kegiatan gotong royong di sekolah

Contoh gotong royong

Gotong royong adalah kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang tentu saja harus diajarkan dan dilatih sejak masa sekolah.

Gotong royong memberikan sangat banyak manfaat yang akan dirasakan siswa, diantara manfaat utamanya adalah melatih kekompakan dan keakraban diantara para siswa.

Baca juga : 7 Manfaat gotong royong di sekolah

Setelah sadar akan manfaat tersebut, tahukah kita aktifitas apa saja yang termasuk contoh gotong royong di sekolah?

1. Membagi jadwal piket kelas

Piket kelas adalah contoh kegiatan gotong royong di sekolah yang pasti dan selalu ada. Pekerjaan membersihkan kelas yang harusnya butuh waktu lama, bisa selesai dalam waktu 5 menit saja jika dilakukan bersama

2. Membersihkan toilet bergiliran

Contoh kegiatan gotong royong di sekolah
sumber foto : https://www.sdityabis.sch.id

Toilet adalah fasilitas umum yang sangat penting dan selalu digunakan setiap saat. Oleh sebab itu, kebersihannya harus tetap dijaga.

Satu orang saja tak mungkin untuk selalu menjaga kebersihan toilet, maka dari itu, seluruh siswa harus punya kesadaran tanggung jawab dan bergotong royong dalam menjaga dan membersihkan toilet sekolah.

3. Membagi jadwal membersihkan taman

Taman merupakan tempat yang indah dan asri untuk dipandang. Jika kebersihannya dihiraukan, maka tujuan keindahan dari taman tak akan terwujud.

4. Bekerja sama dalam perlombaan antar kelas

Sering kali setelah ujian, akan ada lomba lomba yang diberikan sekolah untuk mengakhiri semester dengan senyuman. Ada lomba bermain bola, bulu tangkis, tenis meja, lari, cerdas cermat, pidato, dan banyak lainnya.

Dalam beberapa lomba, dibutuhkan kebersamaan dan sikap gotong royong untuk mencapai juara, seperti sepak bola dan lomba menghias kelas adalah 2 dari sekian banyak lomba yang membutuhkan gotong royong.

Baca Juga :   RPP (Perangkat Pembelajaran Lengkap) PAI dan Budi Pekerti Kelas 1-6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terintegrasi Literasi, PPK,4C dan HOTS

5. Mengangkat kursi sebelum pulang

Gotong royong yang paling mudah untuk dilakukan, tetapi selalu lupa adalah Mengangkat kursi sebelum pulang. Hal ini akan memudahkan petugas piket untuk menyapu dan mengepel kelas.

Maka dari itu, kesadaran tiap siswa dalam kelas tersebut sangat perlu untuk dibangkitkan.

Kesimpulan contoh gotong royong

Gotong royong tidak harus dalam pekerjaan berat, pekerjaan ringan akan terasa lebih ringan jika dikerjakan bergotong royong. Maka dari itu, sekolah mengajarkan kita cara bergotong royong dari mulai hal yang paling kecil.